Granat

10 Nov 1969 - Rendy Hendrawan

Tanggal 10 November 1969 adalah hari nahas. Pada hari itu terjadi peledakan granat oleh oknum misterius bertepatan dengan peresmian jalan kembar Urip Sumoharjo.

Dahulu, ruas jalan Urip Sumoharjo adalah jalur trem yang memanjang dari Wonokromo hingga Jembatan Merah. Namun lambat laun moda transportasi trem dianggap tidak lagi efektif dalam menampung daya tumbuh kota yang semakin pesat. Akhirnya pemerintah menutup jalur trem di Urip Sumoharjo dan mengubahnya menjadi jalan protokol kembar yang diaspal hotmix.

Peresmian jalan baru ini jatuh tepat pada peringatan Hari Pahlawan tahun 1969. Untuk itu sebuah festival musik yang meriah pun dirancang. Warga Kampung Keputran mengundang Akibuana Band, sedangkan Kampung Kejambon mengundang supergroup metal qasidah AKA Band. Hiburan gratis ini efektif mengajak masyarakat sekitar untuk meramaikan acara.

Di tengah-tengah performa Akibuana Band, terjadi ledakan beberapa granat di lokasi konser. Serentak warga kocar-kacir, lari lintang pukang menyelamatkan diri. Insiden ini memakan korban tujuh orang meninggal dunia (termasuk gitaris Akibuana Band) dan 54 orang luka. Jauh lebih banyak daripada insiden rusuhnya konser Sepultura di Tambaksari pada tahun 1992. Pak Asmari, seorang narasumber kami juga merupakan korban insiden granat 1969 ini. “Setiap korban diberi insentif biaya perawatan oleh Pemkot. Saat itu walikotanya Pak Sukoco,” kata Pak Asmari.

Pak Joko, tetua Kampung Keputran mengatakan bahwa sebelum kejadian nahas tersebut ada satu petanda yang luput dicermati,”Untuk memperingati Hari Pahlawan, kampung kami membuat patung seorang figur pejuang berukuran raksasa. Tangannya memegang granat, tapi terus-terusan jatuh…” Ironis.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: