Rumah Kristal

Rumah Kristal - Rendy Hendrawan

Rumah Kristal (sebut saja demikian), Jl.Keputran 9 no.15

Saat kami datang, sang penghuni sedang tidak di rumah, mungkin lain kali bisa mampir untuk bertanya tentang sejarah rumah Kristal ini. Saya namai kristal karena bentuknya memang mirip. Well, ini adalah kebiasaan kami di KAJ (Kami Arsitektur Jengki) untuk menyebut bangunan jengki yang ditemui dengan sebutan tertentu. Untuk memudahkan kami dalam mengingat saja.

Arsitektur jengki memang unik tapi akeh tunggale, atau banyak yg menyerupai. Pada Rumah Kristal, ciri jengkinya sangat tipikal. Dengan bentuk dasar rumah tropis biasa, namun dibuat asimetris dengan sosoran atap deduksi kedalam untuk ruang pintu. Jendelanya dibuat dengan kantilever miring dari segitiga siku dengan sudut lancip di bawahnya.

Rumah Kristal ini terbilang cukup unik karena berada di tengah-tengah kampung padat yang sudah ada sejak jaman kolonial. Yang berarti membongkar bangunan kolonial menjadi bangunan berciri arsitektur jengki.

Padahal Kampung Keputran memiliki koridor jalan yang cukup sempit, dan tidak bisa dilewati mobil. Lantas bagaimana dahulu membongkar dan membangunnya? Apakah pengangkutan materialnya menggunakan gerobak karena truk tidak bisa masuk kampung? Pertanyaan-pertanyaan tersebut membuat saya nyaris mati penasaran!

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: