Olympic

Hotel Olympic

Di Kampung Keputran ada satu hotel paling ikonik di Surabaya, yaitu Hotel Olympic. Bangunannya memliki langgam arsitektur yang unik, campuran art deco dan arsitektur jengki. Aliran jengki sendiri cukup populer di masa awal kemerdekaan, sebagai simbol perlawanan terhadap gaya arsitektur kolonial yang dianggap konvensional. Bila Anda melintas koridor Jalan Urip Sumoharjo, pasti Anda akan melihat hotel ini karena bentuknya begitu mudah mencuri perhatian.

Olympic didirikan pada tahun 1954 oleh seorang taipan bernama Ong Kie Tjay, yang juga memiliki Hotel Niagara di Lawang. Tidak banyak yang tahu, bahwa sampai saat ini Olympic masih beroperasi sambil menyandang image inap plus plus.

Hotel Olympic tentu saja memiliki kaitan erat dengan Kampung Keputran. Selain bangunannya masuk dalam ordonansi Lurah Keputran, tidak sedikit pula warga Keputran yang bekerja di hotel ini. Selama bertahun-tahun, Olympic pun menjadi semacam landmark kebanggaan warga Keputran. Di muka hotel ini setiap malam para pedagang sayur membuka lapaknya.

Hotel ini menjadi pintu gerbang saya dan Nafis saat menelusuri Kampung Keputran gang 10 yang terletak di balik Olympic. Baru saja berjalan beberapa langkah, yap, rekan saya Rio Nafis mendadak disapa oleh seorang pemilik warkop yang ternyata kawan lama ayahnya.

Ketika berlalu, saya tanya nafis siapa sang pemilik warung tadi.

Iku mau sopo, Ndot?” Nafis memang lebih akrab saya panggil Bendot.

Nafispun menjawab “De’e sing nyekel Keputran kene mas…

Wah,saya rasa residensi kami di Kampung Keputran bakal aman sentausa! I’m coming in!

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: