Selesai Sudah!

Photo (c) Giri Prasetyo

Ngga terasa sih ya program Traveler in Residence periode pertama ini telah berakhir masa kontraknya. Tepat sebulan sejak kedatangan pertama Mbak Ajeng di Stasiun Pasar Turi Surabaya pada 5 Desember 2011 hingga berujung sekarang, 5 Januari 2012. Banyak hal yang bisa saya pelajari dari program singkat ini. Banyak juga yang perlu dikoreksi di dalamnya. Sebulan ternyata tak cukup untuk menghabiskan Surabaya dalam satu lahapan. Beberapa kendala seperti hujan yang turun teratur mampu mengubah satu dua itinerary yang disusun rapi sebelumnya.

Sebenarnya program ini sudah dibantu oleh beberapa pihak baik dari Hifatlobrain Travel Insititute sendiri maupun c2o Library, beserta teman-teman main kami di Surabaya. Tapi secara pribadi, saya sungkan meminta bantuan mereka untuk mengantar Ajeng berkeliling Surabaya. Hahaha! Terlebih ini hanyalah proyek pro bono. Makanya, saya sangat menghargai dan berterima kasih banyak pada teman-teman yang telah berinisiatif langsung menemani Ajeng ke beberapa destinasi di Surabaya. Saya pikir dengan mendapatkan guide yang berbeda, si traveler juga akan menerima pengalaman dan prespektif yang beragam pula tentang Surabaya.

Saya dan keluarga besar Hifatlobrain Travel Insitute, berterima kasih sekali pada kawan-kawan c2o Library, perpustakaan ciamik yang selalu membukakan pintu demi keberlangsungan program ini. Untuk Kathleen Azali, Anitha Silvia, Andriew Budiman, Ari Kurniawan, Mbak Yuli, dan pihak lain yang mungkin terlewat. Maaf kalau banyak merepotkan yaaa… Semoga bisa terus bekerja sama nantinya.

Buat Mbak Herajeng Gustiayu, maturnuwun sanget, sudah bersedia menjadi kelinci bagi proyek eksperimental ini. Mohon maaf kalau ada pelayanan yang kurang selama di Surabaya. Hahaha… Semoga ngga kapok kerja bareng lagi. Masih ada pameran yang menanti di bulan Maret yaaa, jangan sok lupa! :p

Terima kasih juga pada kalian yang masih mau membaca dan mengikuti update program Traveler in Residence ini. Segala kritik dan saran yang membangun maupun merubuhkan akan kami kunyah se-crunchy mungkin 🙂

Well, program Traveler in Residence belum benar-benar mencapai finish line. Itu sebabnya di awal paragraf tadi saya bilang ini sebagai Traveler in Residence periode pertama. Saya, kami, Hifatlobrain Travel Institute masih ingin melakukan berbagai macam residensi di tahun 2012 ataupun tahun mendatang. Dengan berbagai perbaikan dan pengembangan program-program kreatif lainnya. Bisa di Surabaya ataupun di kota lainnya. Monggo lho, kalau mau urun ide, kami akan sangat senang sekali. Ya, karena kami memang sekumpulan monster pelahap ide.

Oke deh, segitu aja uneg-uneg saya setelah mentraktir bubur ayam terakhir sebelum penerbangan Mbak Ajeng ke Jakarta siang ini. Mohon maaf lahir batin ya semuanya. Sekali lagi, kalau ada yang berminat kerja bareng dalam proyek residensi berikutnya, let me know! I want you lah pokokmen!

Kepala Program Traveler in Residence

Dwi Putri Ratnasari

note: PR kami selanjutnya adalah menyusun dummy book sebagai output dari Traveler in Residence ini dan menyiapkan pameran untuk bulan Maret 2012. Aye!

Advertisements

Tags: , , , , , ,

One response to “Selesai Sudah!”

  1. Ola says :

    kalo mau ikutan program ini gimana caranya?
    berlaku gak buat yg gak pernah jalan-jalan? tengs.. 🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: